Ega C Raymandha Ega C Raymandha, November 5th, 2015

Find-Jobs1

Kemajuan teknologi dewasa ini memang membawa banyak kemudahan dalam berbagai lini, salah satunya diterakan pada sistem perekrutan karyawan dalam suatu perusahaan. Pada era digital saat ini sudah banyak perusahaan yang beralih dari sistem konvensional ke media online untuk proses perekrutan karyawannya. Dalam artikel Digital Recruitment telah dijelaskan bahwa sistem konvensional yang dimaksud adalah pelamar akan langsung datang atau mengirimkan surat lamaran beserta CV ke HRD perusahaan yang dituju, kemudian perusahaan melakukan seleksi berkas, lalu selanjutnya kandidat terpilih akan dihubungi oleh pihak perusahan, kemudian interview, psikotest, sampai akhirnya si pelamar direkrut oleh perusahaan tersebut apabila ia memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Metode ini tentunya sangat menguras waktu dan tenaga, bagaimana tidak, bayangkan saja jika dalam sehari ada 100 (seratus) surat lamaran yang diterima dan tim rekrutmen harus menyeleksi berkas satu persatu kemudian setelah itu menghubungi kandidat tersebut dan seterusnya.

Sistem perekrutan secara online atau Online Recruitment System banyak diminati karena dapat memfasilitasi para pencari kerja dan perusahaan untuk berinteraksi atau berkomunikasi tanpa terkendala jarak, waktu, dan biaya, tentunya selama ada koneksi internet.

Tren melamar pekerjaan melalui media online di Indonesia saat ini menunjukkan perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu. Hal ini antara lain karena perusahaan melihat keinginan dari pelamar untuk mendapatkan respons dengan cepat mengenai hasil seleksi mereka.

Berikut adalah kelebihan menggunakan sistem rekrutmen online baik dari sisi pencari kerja (job seekers) maupun perusahaan perekrut.

1) Lebih Praktis

Para pencari kerja memiliki kemudahan dalam mencari berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan sesuai dengan posisi yang diinginkannya. Hanya bermodalkan koneksi internet dan komputer/laptop/smartphone, mereka hanya perlu mendaftar dengan email dan mengisi data yang diperlukan seperti CV misalnya, selanjutnya mereka dapat memilih dan mengirimkan data mereka ke perusahaan yang mereka tuju tersebut.

2)  Lebih Responsif dan Komunikatif

Dengan sistem rekrutmen online para pencari kerja akan menerima balasan dari status lamaran kerja yang telah mereka kirim apakah diterima atau ditolak. Selain itu mereka juga akan mengetahui jadwal interview dari perusahaan yang berminat dengan mereka apabila lamaran kerja mereka diterima atau memenuhi kriteria perusahaan.

3) Lebih Efektif dan Efisien

Dari sisi perusahaan sudah tentu hal ini sangat membantu pekerjaan HRD atau tim rekrutmen. Mereka tidak perlu lagi disibukkan dengan urusan menyortir satu per satu berkas lamaran pekerjaan dari tiap pelamar, atau menghubungi melalui telepon untuk proses interview apabila proses seleksi berkas telah selesai.

Dengan sistem rekrutmen online perusahaan hanya perlu melakukan filter berdasarkan kriteria atau parameter yang diinginkan, misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, IPK, pengalaman kerja, atau yang lainnya, selanjutnya sistem akan menampilkan data pelamar sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Apabila ingin memanggil pelamar kerja tersebut untuk interview, perusahaan hanya perlu mengisi waktu dan tempat interview bagi masing-masing pelamar kerja yang terseleksi dan sistem akan mengirimkan informasi tersebut ke masing-masing pelamar.

Disamping itu, perusahaan juga dapat menekan biaya untuk promosi atau memasang iklan lowongan pekerjaan dimedia.

Sedangkan, bagi pencari kerja mereka dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga karena tidak perlu lagi mencetak banyak berkas lamaran kemudian datang ke perusahaan-perusahaan yang dituju satu persatu hanya untuk bertemu dengan HRD dan memberikan surat lamaran pekerjaan mereka.

4) Sebagai Database Pelamar Kerja

Kelebihan berikut ini adalah bagi perusahaan. Sistem rekrutmen online dapat menjadi media penyimpanan data pelamar kerja disuatu perusahaan. Dari seluruh data pelamar kerja yang masuk akan tersimpan didalam satu database. Hal ini akan sangat membantu apabila sewaktu-waktu perusahaan ingin mencari calon karyawan kembali. Perusahaan hanya perlu mencari di database pelamar kerja tersebut, sehingga sebelum membuka lowongan kerja baru setidaknya perusahaan dapat mencari dari data pelamar kerja yang sudah ada terlebih dahulu.

Itulah diantaranya kelebihan sistem rekrutmen online jika dibandingkan dengan sistem rekrutmen konvensional.

Ada beberapa metode sistem rekrutmen online, diantaranya perusahaan bisa mendaftar pada situs jasa penyedia lowongan pekerjaan yang saat ini sudah banyak ada atau perusahaan membuat sistem rekrutmen online internal yang dapat terintegrasi dengan website perusahaan.

Apabila perusahaan Anda ingin membuat sistem rekrutmen online yang terintegrasi dengan website perusahaan Anda, silahkan kunjungi www.technica.co.id

Kami akan siap membantu Anda.