adi zawawi adi zawawi, November 27th, 2015

job_promotion

 

Siapa yang tidak senang mendapatkan promosi jabatan ditempat kerjanya. Ketika Anda mendengar kata promosi yang terbayang seketika adalah karir yang semakin cemerlang, gaji lebih tinggi dan tentunya posisi yang lebih baik atau jika beruntung Anda akan mendapatkan fasillitas ekstra dari perusahaan seperti kendaraan atau rumah dinas misalnya. Namun disisi lain Anda tidak bisa hanya memikirkan hak Anda saja tapi pikirkan juga kewajiban seperti apa yang harus Anda penuhi, tanggung jawab yang akan dijalankan, apa saja job description Anda, serta hal-hal lainnya. Apa yang Anda dapatkan haruslah sepadan dengan tanggung jawab yang diemban.

Untuk itu sebelum memutuskan untuk menerima tawaran promosi jabatan, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan tanyakan hal-hal berikut pada diri Anda sendiri

1) Kesiapan Pribadi

Anda bisa lihat dan tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda sudah siap secara keseluruhan. Bertanyalah atau cari informasi sejelas mungkin tentang tanggung jawab yang akan Anda jalani. Konsultan karir, Ann Latham, berbicara mengenai masalah yang timbul ketika mempromosikan seorang karyawan yang berorientasi pada tugas (produksi), untuk mengisi peran manajemen. Ia mengatakan, “Jika Anda merupakan pribadi yang mengukur keberhasilan Anda berhubungan dengan kode, kualitas design ataupun pekerjaan lain yang serupa, kekuatan Anda mungkin tidak dalam mengatur karyawan, tetapi dalam melakukan tinjauan kerja.” Apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi masalah ini? Apakah Anda sudah siap?

2) Kesesuaian dengan Target Karir

Anda sebaiknya melakukan evaluasi terhadap promosi yang ditawarkan. Apakah promosi yang ditawarkan akan berdampak bagi tujuan jangka panjang karir Anda. Apakah ini adalah langkah yang tepat atau malah “menyesatkan”. Jika jawabannya “SESUAI”, maka ambillah kesempatan ini.

3) Perubahan yang Dihadapi

Ketahui perubahan keadaan apa saja yang akan Anda hadapi. Sebuah promosi menuntut tanggung jawab lebih untuk menangani sesuatu dan ini memiliki pengaruh terhadap kehidupan Anda. Perubahan seperti jadwal kerja, tempat kerja, sampai perubahan terhadap kehidupan pribadi Anda. Penting untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, untuk itu lakukan evaluasi terhadap situasi Anda sekarang dan lihat apakah ada kecocokan dengan promosi pekerjaan ini.

4) Manfaat yang Diperoleh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika berbicara manfaat atau benefit, promosi jabatan seharusnya meliputi kenaikan gaji, tunjangan dan keuntungan-keuntungan lainnya, bukan?

Untuk itu pastikan bahwa promosi ini diiringi dengan kenaikan gaji yang sepadan dengan tanggung jawab yang akan dijalankan. Mengapa? Karena Anda akan menghadapi lebih banyak pekerjaan dan tanggung jawab maka seharusnya Anda mendapat kompensasi pada nominal yang layak. Bicarakan dengan atasan dan lakukan negosiasi gaji untuk mendapat angka yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan Anda. 

5) Mengetahui Posisi yang Akan Ditawarkan

Penting untuk mengetahui lebih jauh mengenai status posisi yang akan Anda tempati sebelum memutuskan apakah Anda menerimanya atau tidak. Jika Anda akan menggantikan posisi orang lain, bicaralah pada orang tersebut lebih dalam mengenai pekerjaan atau keadaan terkini divisi tersebut. Lontarkan pertanyaan seperti misalnya, “Apakah ada pekerjaan pending yang harus segera diselesaikan?” Selain itu Anda juga dapat bertanya tentang budaya dan lingkungan kerja di divisi tersebut. Apakah terdapat hal-hal ataupun seseorang yang harus diperhatikan ketika Anda memulai pekerjaan pada posisi di dalam divisi tersebut? Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup untuk membantu Anda berkembang di posisi yang Anda putuskan akan menempatinya.

6) Selaras dengan keinginan

Tanyalah diri Anda sendiri “Apakah saya benar-benar menginginkan posisi ini?. Bertanya pada diri sendiri tentang hal ini akan membantu Anda memahami apakah posisi dan pekerjaan ini merupakan sesuatu yang benar-benar Anda inginkan. Dibeberapa perusahaan, promosi kerja tidak diberikan begitu saja, terkadang biasanya akan ada proses seleksi dan uji kompetensi sehingga beberapa karyawan yang terpilih mempunyai kesempatan yang sama. Jika ini yang terjadi di kantor Anda dan Anda salah satu kandidatnya, tanyakan pertanyaan diatas kepada diri Anda jika ingin mencoba kesempatan mendapatkan posisi tersebut.

 

Itu adalah 6 (enam) hal dapat dijadikan pertimbangan ketika menerima tawaran promosi jabatan ditempat Anda bekerja. Luangkan sejenak waktu untuk memikirkan dan mempertimbangkan jawabannya sebelum Anda mengambil keputusan. Apapun jawabannya Anda lah yang paling mengetahuinya dan yakin itu adalah yang terbaik bagi Anda.

Good luck..!!