Ega C Raymandha Ega C Raymandha, November 13th, 2015

User_story_image_10.3

Persaingan dalam dunia kerja adalah hal yang wajar. Dalam lingkungan kerja jika seseorang ingin mencapai akselerasi dalam karirnya sudah pasti ada persaingan didalamnya, karena untuk menduduki jabatan tertentu perusahaan akan memiliki beberapa kandidat. Tentunya hanya kandidat terbaik yang akan dipilih oleh perusahaan.

Jika persaingan tersebut sehat, tentu tidak menjadi soal. Namun permasalahannya adalah tidak selamanya persaingan yang kita hadapi di dunia kerja selalu menyenangkan. Meskipun kita termasuk orang yang pandai bergaul, terkadang persaingan menyebabkan ketegangan di tempat kerja. Tidak jarang adanya tensi tersebut dapat mengganggu dan mempengaruhi alur kinerja Anda.

Kalau Anda tidak dapat mengontrol diri Anda, justru akan membuat Anda tidak fokus dalam bekerja, tidak nyaman, membuat beban pikiran yang malah membuat performa Anda turun.

Lalu bagaimanakah tips menghadapi persaingan ditempat kerja tanpa merusak hubungan sesama rekan kerja?

Berikut adalah cara-caranya.

1) Selalu berdoa kepada Tuhan

Sudah sepantasnya kita sebagai manusia selalu berdoa kepada Tuhan, karena semua yang terjadi didunia ini adalah kehendak-Nya.

Sadari bahwa persaingan ditempat kerja adalah salah satu campur tangan Tuhan yang memberikan “kesempatan” kepada kita untuk menempati posisi lebih baik. Untuk itu mohon lah kepada-Nya untuk diberikan jalan dan dilindungi dari hal-hal atau orang-orang yang ingin berbuat tidak baik kepada kita.

2) Berpikir Positif

Jangan jadikan persaingan sebagai beban atau kesempatan untuk saling menjatuhkan rekan kerja Anda. Jadikan hal ini sebagai motivasi untuk terus maju dan lihat hal ini sebagai kesempatan untuk bisa berkembang ditempat Anda bekerja serta untuk mendapatkan pengalaman.

3) Kenali dan Tingkatkan Keahlian Anda

Jangan terpengaruh dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Tiap orang memiliki kelebihannya masing-masing dan fokuslah pada kelebihan Anda.

Misalnya, jika keahlian Anda adalah negosiasi maka pertajam keahlian tersebut, jika Anda pandai menjual maka tingkatkan keahlian sales & marketing Anda, dan sebagainya

4) Introspeksi diri dan Selalu berbuat baik

Hindari persaingan tidak sehat. Meskipun banyak fenomena yang terjadi adanya hal-hal tidak baik dalam persaingan, jangan sampai Anda ikut terhanyut didalamnya. Bisa saja rekan kerja Anda iri, dengki, bahkan menjelek-jelekkan Anda dibelakang, namun Anda tidak perlu membalas dengan hal yang serupa.

Cukup introspeksi saja diri Anda sendiri mengapa hal itu bisa terjadi, mungkin saja ada perkataan atau perbuatan Anda yang telah menyinggung perasaan orang lain. Tetaplah berbuat baik dan yakin setiap perbuatan baik akan memiliki hasil yang baik pula.

5) Berikan yang Terbaik

Daripada sibuk mencari – cari kelemahan yang dimiliki pesaing Anda, lebih baik Anda fokus memberikan yang terbaik untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Berkontribusilah secara maksimal dengan keahlian yang Anda miliki. Jika yang Anda lakukan membawa kebaikan dan kemajuan, perusahaan pasti mempertimbangkan untuk menjadikan Anda kandidat terbaik yang akan ditempatkan diposisi yang terbaik pula.

Semoga tips diatas dapat membantu ketika Anda menghadapi persaingan di tempat kerja. Intinya adalah hindari persaingan tidak sehat, fokus pada kinerja dan performa Anda, serta tetaplah berdoa dan berbuat yang terbaik, karena dalam hidup ini berlaku formula “Usaha Baik + Doa Baik = Hasil Baik”

Dengan begini apapun hasilnya atau siapapun yang memenangkan persaingan tidak akan merasa sakit hati. Anda dan rekan kerja dapat tetap bersinergi untuk bekerja demi kebaikan dan kemajuan perusahaan.